Selasa, 29 Mei 2012

MARI MEMBUAT JARINGAN SEISMIC MANDIRI 100% INDONESIA

Sebuah cita-cita yang mudah-mudahan segera terwujud, adalah membuat jaringan (network) seismic mandiri di seluruh wilayah Indonesia dengan memanfaatkan jaringan internet(yang murah), karena sebagai jaringan Mandiri tidak memiliki dana dan hanya dari simpatisan.

Caranya adalah memanfaatkan Sensor dari mas Yudi (KPSI) dan Sistem akuisisi data hasil pengembangan DERAP ORG (Smua asli buatan dalam negeri) dengan diagram koneksi sebagai berikut :









Data dari setiap komputer dikirimkan via jaringan internet secara periodik ke salah satu pusat pemantauan yang secara periodik langsung dtampilkan di internet pada suatu website, dan menggunakan database sehingga sewaktu-waktu dapat diakses.

Jika salah satu sensor mendeteksi gempa pada frekuensi tertentu (sesuai kalibrasi) maka setiap anggota dapat langsung mengetahui pada monitor masing-masing di seluruh Indonesia.

Untuk mewujudkn sistem awal yang sederhana per lokasi biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar, namun dibutuhkan kerelaan dari masing-masing angota komunitas ini untuk bisa mewujudkannya sehingga terbentuk sistem deteksi gempa mandiri asli Indonesia.

Mudah-mudahan teman-teman di Komunitas Pemerhati Seismic Indonesia (KPSI) bisa mewujudkannya. DERAP ORG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar